Selasa, 18 Oktober 2011

UBI KAYU BOROBUDUR

Ubi kayu di daerah Borobudur sangat Populer dengan istilah " Telo Jendral " yang artinya sebagai salah satu bahan pangan yang sangat tingggi prestis atau derajatnya. Ubikayu dibudidayakan sedagai
salah satu sumber pangan alternatif selain padi dan jagung. 70% dari petani borobudur membudidayakan tanaman ini dan terdapat di tiap desa.
Tahapan budidaya Ubi Kayu :
1. Bibit
    Varietas : Lokal
-Bibit ubi kayu di tanam dengan stek batang dengan cara memilih tanaman induk yang baik yang berumur 7-12 bulan, mempunyai diameter batang 2,3-3 cm, lurus dan masih segar, dari batang bagian tengah dibuat stek dengan panjang 20-25cm.
2. Waktu Tanam
    Waktu tanam yang paling baik adalah pada saat bulan-bulan basah dan pada tanah yang sudah dicangkul sedalam kurang lebih 20cm dan dengan jarak tanam 100x100 cm.
3. Waktu Panen
    Panenlah ubi kayu pada saat kandungan karbohidratnya mencapai maksimal yang ditandai dengan pertumbuhan daun yang berkurang, warna daun mulai menguning dan rontok, umur tanaman telah mencapai 7 sampai 10 bulan.
4. Produk olahan Ubi Kayu
    - Tiwul
    - Gaplek
    - Kripik
    - Getuk
    - Pati telo
    - Slondok atau lanting, dll

              "DENGAN MAKAN TELO, ANAK SEHAT, BAPAK KUAT KELUARGA SEJAHTERA"

2 komentar:

  1. harga per kg telo di budur brp? wilayah ngablak kekurangan bahan baku buat olahan balok. trims. salam tani makmur dari konco2 ngablak

    BalasHapus
  2. Demplot telo varietas malang satu,luas 1 Ha hampir dipanen sedang cari pembeli silakan nego lokasi di bengkok kades Kembanglimus tepi jalan raya.Telonya kuning umur 8 bulan panen,besuk kalau panen saudaraku Agro Merbabu akan kami undang FFD.

    BalasHapus